Penyusunan Tesis

Sunday, December 11, 2011

TESIS


Akhirnya sampailah saatnya pada saat yang berbahagia untuk mencari ide, masalah dan judul tesis. Bukan perkara gampang dan tidak semudah membalikkan telapak tangan menentukan masalah untuk penelitian tesis. Banyak ide yang muncul malah membuat kepala pusing dengan berbagai pertimbangan mulai dari landasan teori, literatur, sumber data, lokasi dan waktu penelitian sampai pada biaya penelitian ( ujungnya biasa pada modal juga).
Mahasiswa S2 (keren sebutannya) harus menyusun tesis untuk menyelesaikan studinya, ini berlaku di semua universitas (sudah dari sononya). Sebetulnya apa itu tesis ? kenapa menyusun tesis banyak makan korban ? (korban biaya, tenaga, waktu), dan apa kedudukan serta fungsi tesis dalam kerangka ilmiah ?.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata tesis diartikan sebagai (1) pernyataan atau teori yangg didukung oleh argumen yang dikemukakan dalam karangan; untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pada perguruan tinggi; (2) karangan ilmiah yang ditulis untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pada suatu universitas (perguruan tinggi); disertasi.
Umumnya, istilah disertasi dan tesis dipakai untuk mengacu pemaparan diskusi yang bersifat skolar atau akademis. Dalam lingkup sederhana pengertian tesis adalah karya tulis ilmiah resmi dari akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program Magister (S-2). Tesis disusun dan dipertahankan untuk memperoleh gelar Magister. Tesis merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam penelitian dan pengembangan ilmu pada salah satu bidang keilmuan tertentu.
Tesis mempunyai ciri khas atau karakteristik tersendiri yang membedakannya dari karya ilmiah lainnya Karakteristik tesis yaitu : 1) isinya berfokus pada kajian mengenai salah satu isu sentral yang tercakup dalam disiplin ilmu tertentu sesuai dengan program studi yang ditempuh oleh mahasiswa yang bersangkutan, 2) merupakan pengujian empirik terhadap posisi teoritik tertentu dalam disiplin ilmu yang dipelajari, 3) mengungkapkan data primer sebagai data utama yang dapat ditunjang oleh data sekunder sedangkan untuk penelitian bibliografi digunakan data otentik, 4) ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar kecuali program luar negeri atau jurusan bahasa Inggris , tesis ditulis dalam bahasa Inggris.
Kedudukan dalam tesis sebagai karya ilmiah di perguruan tinggi sangat penting dan merupakan tuntutan formal akademik. Dilihat dari tujuannya tesis merupakan syarat yang dituntut ketika menyelesaikan program studi S2. Selain itu tesis juga memiliki fungsi tertentu, baik bagi mahasiswa juga untuk perguruan tinggi. Fungsi tesis yaitu : 1) mahasiswa dapat mengungkapkan pikiran secara sistematis sesuai dengan kaidah keilmuan, mengacu pada hasil kajian pustaka (jurnal, buku teks atau publikasi internet), 2) mahasiswa melakukan penelitian dan kajian atas teori, 3) merupakan wahana komunikasi hasil penelitian ilmiah dan masyarakat akademiknya untuk diuji secara terbuka dan objektif serta mendapatkan koreksi dan kritik, 4) merupakan wahan penyajian nilai-nilai praktis dan teoritis hasil pengkajian dan hasil penelitian ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa, 5) memperkaya khasanah keilmuan dan memperkokoh paradigma keilmuan pada bidang atau disiplin ilmu yang relevan.
Teknik penyusunan dan penulisan tesis di perguruan tinggi biasanya tergantung dari kebijakan universitas tapi dengan pedoman yang standar. Tujuan pedoman agar ada kesamaan dalam bahasa penulisan antara dosen pembimbing dan mahasiswa berkenaan dengan pengertian, ruang lingkup, karakteristik, dan format tesis yang ditulis secara ilmiah oleh mahasiswa serta berlaku secara umum untuk lingkungan perguruan tingginya.
Melihat uraian di atas tesis bukan hanya sebuah syarat seseorang menyelesaikan S2 nya tapi juga sebagai cermin kompetensi akademik bagi dirinya sebagai seorang lulusan program Magister. Oleh karena itu bersemangatlah dan curahkan segenap kemampuan dalam menyusun tesis tapi ingat keep smile and safety first (maksud loe ?).

Sumber bacaan :
Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta
http://kamusbahasaindonesia.org/tesis
id.wikipedia.org




 (Tiga Serangkai menguak takdir
disarikan oleh  Arif Rakhmat

0 comments:

Search by google

Custom Search

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP